Rabu, 04 Januari 2017

Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Yang Baik dan SELAMAT

Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Yang Baik dan SELAMAT - Langkah mengemudi mobil manual serta matic di tanjakan, pasti mempunyai ketidaksamaan dalam melakukanya. Serta langkah mengemudi pemula yang anyar usai pelatihan mobil kerapkali lumayan di buat pusing, malahan terdapat pula yang hingga berkeringat dingin dan grogi, tetapi banyak pula yang berasumsi itu umum atau pula seperti misal mainan anak-anak. Ya syukurilah. Jalan tanjakan tidak sekali lagi jadi permasalahan seumpamanya arus sebelumnya lintasnya sepi pula lancar, Langkah menyetir cuma tinggal menekan pedal gas.

Langkah mengemudi mobil manual serta matic di tanjakan, pasti mempunyai ketidaksamaan dalam melakukanya. Serta untuk pemula yang anyar usai belajar kerapkali lumayan bikinnya pusing, malahan terdapat pula yang hingga berkeringat dingin dan grogi, tetapi banyak pula yang berasumsi itu umum atau pula seperti misal mainan anak-anak.



Langkah Mengemudi Mobil Di Tanjakan

Namun, kondisi tak serupa waktu arus kendaraan di jalan tanjakan itu merayap oleh kata lain MACET, misal di Jakarta yang saban hari dirundung macet atau jalur berbukit (naar boven) Puncak di hari-hari libur. Dimana jarak antar kendaraan yang sedemikian rapat, tentunya menuntut konsentrasi penuh dan kehati-hatian ekstra. Pastinya menjadikan STRESS jack..., sangat serius oleh kondisi jalan namun belum konsentrasi.. pada akhirnya... gubraaak!!!!!

Apa bila kita bicara masalah tanjakan, sebenarnya terdapat 2 type tanjakan kepada di kenali untuk pemula yang anyar belajar mengemudi :

1. Tanjakan landai, mudah dijumpai di berjalan-jalan kota besar, misal Jakarta, Medan, dan yang lain.
2. Tanjakan curam, mudah dijumpai di berjalan-jalan daerah pegunungan, misal Puncak, Batu, dan lain-lain.

Kunci paling utama yang paling utama dalam kesuksesan sopir menaklukkan tanjakan saat arus kendaraan jalan padat merayap, yaitu merupakan ; rem tangan/hand brake. Serta pada umumnya, tentunya merupakan tenaga mesin mobil tersebut, kemampuan kopling, rem roda dan bobot kendaraan (termasuk juga beban yang diangkutnya).

Namun, tenaga mesin besar, kopling juga galak dan rem mantap tidaklah jaminan 100%, sang sopir sukses menaklukkan tanjakan oleh elegan, jika langkah memainkan rem tangan belum lumayan lihai. Kekeliruan menegemudi mobil di tanjakan paling umum merupakan dengan cara terus menerus memainkan ½ kopling (arti umum : menggantung kopling) bersamaan saat melepas rem tangan. Serta pada akhirnya yang berlangsung kopling hangus terbakar di tengah-tengah tanjakkan. Apa bila tak selekasnya diatasi jadi jalan di tanjakan itu semakin macet, belum sekali lagi duit yang di bawanya bakal terkuras habis kepada melakukan perbaikan kopling mobil yang hangus terbakar.

Langkah Mengemudi Mobil Di Tanjakan waktu kondisi macet oleh memainkan ½ kopling berterusan, sepertinya begitu tidak dianjurkan dengan Teknovanza. Sebab menyebabkan kopling cepat panas yang pada akhirnya bakal hangus terbakar serta jebol, mujur apa bila peristiwa tersebut di dekat bengkel mobil serta ngangkut biaya kepada service. Hal itu pula berlaku kepada kondisi bobot kendaraan yang terlalu bobot. Mesin yang sudah kepayahan bakal ngelitik dan bergetar hebat sebelumnya mati. Apa bila telah mati serta selalu di paksakan, jadi bakal kehabisan tenaga serta pada akhirnya kandas pula.

Langkah Mengemudi yang benar yaitu :


Memberikan keyakinan mobil selalu selanjutnya tenaga puncaknya oleh memakai gigi 1 atau 2, kepada transmisi manual (MT) dan gigi selanjutnya tempat L1, kepada transmisi otomatis (AT).
Langkah mengemudi mobil yang benar dalam memainkan rem tangan mesti efektif.
Hindari pemakaian 1/2 kopling selanjutnya mobil MT, karena cara itu dapat menghanguskan kopling kurun waktu sedikit cepat, atau hindari sinyal tanda belum tenaga selanjutnya mobil AT, karena salah memainkan rem tangan, yang mengakibatkan mobil Kalian bergerak melorot saat menanjak.

Terdapat 2 cara memainkan rem tangan saat alami kemacetan di tanjakan, yaitu :

1. Cara lama/umum : (Ciri paling utama, rem tangan dilepaskan dulu)
Mobil Manual
Kepada Manual : Rem tangan berangsur-angsur dilepaskan bersamaan oleh tapak kaki melepas pedal kopling dulu, sambil tapak kaki yang lain menekan pedal gas, kepada bergerak maju.

Mobil Matic


Langkah mengemudi Mobil Matic : Rem tangan berangsur-angsur dilepaskan bersamaan oleh tapak kaki menekan pedal gas, kepada bergerak maju.

Kekurangan besutan cara itu ; perlu konsentrasi tetras agar timing melepas kopling pas oleh saat melepas rem tangan (melelahkan, perlu jam terbang lama agar lihai), terdapat jeda waktu buat mobil oleh MT alami sinyal tanda main ½ kopling (kopling tidak awet), mobil bakal melorot ke bawah dulu jika timing tidak pas (nampak norak dan tidak cool meskipun).

Baca juga dari sumber yang lain : Cara dan Tips Mengatasi Mobil Matic Mogok 100% Jitu

2. Cara anyar (unggul cool & efisien) : (Ciri paling utama, rem tangan ditahan dulu)

Manual

Kepada MT : Rem tangan ditahan dulu. Sebelumnya tapak kaki melepas pedal kopling oleh langkah penuh, sambil tapak kaki yang lain menekan pedal gas seadanya agar mesin tidak mati. Waktu jadi terdapat sedikit tenaga sentakan mobil akan bergerak maju, rem tangan barulah dilepaskan.

Matic

  1. Kepada AT : Rem tangan ditahan dulu. Sebelumnya tapak kaki menekan pedal gas sampai jadi terdapat sedikit tenaga sentakan mobil akan bergerak maju, rem tangan barulah dilepas
  2. Kebaikan besutan cara anyar ini ; mudah dan logis, kepada menguasainya tidak dibutuhkan waktu lama, tidak butuh konsentrasi-konsentrasian (bisa sambil nyanyi-nyanyi kecil, tidak mudah lelah), sinyal tanda ½ kopling lenyap (kopling awet), mobil MT atau AT tidak butuh melorot-melorot sekali lagi (nampak unggul jago nyetir mobil dan unggul cool).
  3. Rem tangan bukanlah cuma aksesories. Manfaatnya betul-betul paling utama, kepada tak saat parkir saja, namun kepada menaklukkan jalan tanjakan oleh kondisi padat merayap.
  4. Mengingat faedah rem tangan yang betul-betul paling utama, jadi setelan dan perawatannya harus rajin diperhatikan agar selalu terlihat prima.
  5. Waktu naar boven, selalu pikirkan tenaga mobil selanjutnya bobot muatan.
  6. Usahakan tenaga mobil selalu makin besar besutan bobot muatannya.
  7. Agar mobil selalu bertenaga dan Kalian terlihat cool saat naar boven, disarankan memakai BBM oleh angka RON (mobil bensin)/angka CETANE (mobil diesel) level paling tetras, contoh Pertamax 95/Pertamina DEX (Petamina), Performance 95/Performance Diesel (Keseluruhnya), Super Extra/Diesel (Shell). Lalu dapat kembali sekali lagi memakai BBM lama, contoh ; premium (RON 88)/Solar umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar